Tugas 1 Mata Kuliah
Manajemen Kualitas
Total Quality Service
Nokia
Strategi Nokia menjadi
Market Leader :
Menghadapi
persaingan dalam dunia IT tidaklah mudah. Ada 5 cara memasuki pasar global, yaitu
Indirect Export, Direct Export, Licensing, Joint Venture, maupun Direct
Investment. Nokia dalam memasuki pasar global melalui proses Joint Venture dan
menerapkan strategi pemasaran dengan konsep Marketing Mix, yang meliputi :
a.
Produk
Produk-produk Nokia
dibuat disesuaikan dengan kondisi lokal khusunya dengan dibuatnya versi
regional. Hal tersebut akan memudahkan pihak Nokia untuk mengembangkan
networknya, karena dapat menyesuaikan keinginan konsumen. Selain itu, setiap
menerbitkan produk baru Nokia memberikan produk yang selalu inovatif. Dari
model, fitur, aksesoris telah dirancang dengan matang dengan melakukan berbagai
riset untuk mengembangkan produknya.
b.
Komunikasi
Untuk menjaring banyak
konsumen, Nokia melakukan berbagai promosi. Selain itu, melakukan penanaman
pemahaman pada masyarakat bahwa produk-produk Nokia selalu di atas rata-rata.
Hal ini agar konsumen terpola bahwa Nokia memiliki brand image yang baik. Hal
ini terbukti dengan diperolehnya penghargaan sebagai produk nomor 1 yang masuk
dalam Indeks Kepuasan Pelanggan (Customer Satisfaction Index) oleh majalah SWA
dan biro riset frontier pada tahun 2000 dan 2001. Sebelumnya Nokia juga meraih
penghargaan Global Marketing Award dari MarkPlus dan The Jakarta Post.
c. Harga
Perusahaan besar pada
saat ini cenderung menetapkan harga sesuai dengan kurs mata uang Negara yang
ditempati. Begitu pula dengan Nokia. Dalam hal ini Nokia melakukan penetapan
harga Citra (Image Pricing) dan harga bentuk produk (Product Form Pricing).
Dari awal produk-produknya
Nokia sudah menetapkan untuk membangun image. Langkah yang dilakukan oleh Nokia
dengan menetapkan harga yang cukup mahal sudah tepat. Karena Nokia juga
memberikan fasilitas yang sepadan dengan harga yang ditetapkan, seperti :
durability yang lama, mudah pengoperasiannya juga fitur-fitur yang menarik
lainnya. Hal ini sangat penting agar produk yang diciptakan laku di pasaran.
Selain menetapkan harga citra, Nokia juga menetapkan harga bentuk produk. Harga
bentuk produk ini bukan berarti setiap bentuk yang berbeda dihargai berbeda.
Tetapi lebih luas dari itu, mulai dari bentuk sampai fasilitas-fasilitas yang
terdapat pada ponsel tersebut yang menyebabkan penetapan harga yang berbeda.
d. Distribusi Channel
Pelayanan yang terbaik
bagi pelanggan adalah motto Nokia. Untuk mewujudkan hal tersebut Nokia memiliki
jaringan pusat layanan terbesar di Indonesia. Dalam hal ini Nokia menyerahkan
distribusi produknya kepada 5 distributor di Indonesia. Beragamnya fasilitas
yang dimiliki Nokia menyebabkan Nokia menjadi merk yang terdepan dan
mendapatkan berbagai penghargaan.
Nokia
dengan competitor
Dalam memahami
competitor yang dihadapi oleh Nokia, terlebih dahulu Nokia harus mengetahui
lingkungan sekitarnya. Nokia juga harus mengetahui siapa pesaing-pesaingnya. Setelah
itu baru Nokia melangsungkan aksi-aksi yang cocok untuk kelangsungan
produk-produknya.
Strategi
Prospektor
Strategi ini adalah
salah satu strategi adaptif milik miles dan snow yang cocok diterapkan pada
produk Nokia. Nokia telah menerapkan strategi ini dengan baik yaitu dengan
mengutamakan keberhasilan organisasi dalam menciptakan produk baru, dalam
berinovasi dan melihat kesempatan yang baru bagi produknya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar